Saturday 29 October 2016

Cerita Kita-Wisata Guci Tegal

Udara segar,pemandangan yang bagus adalah salah satu hal yang kita cari saat kita berwisata.Pemandian air panas Guci  adalah tempat wisata yang berlokasi di desa guci kec bumijaya tegal merupakan destinasi wisata utama di kota Tegal.

Guci terletak di kaki Gunung Slamet bagian Utara, dengan ketinggian sekitar 1.500 meter dari permukaan air laut mempunyai udara yang sejuk dengan suhu sekitar 20 derajat celcius. Di siang hari destinasi wisata alam ini cukup padat dikunjungi wisatawan domestik dan hampir semua yang datang selain menginap dan menikmati pesona alam, tentu merasakan hangatnya hawa air yang ada dari pancuran atau air terjun.

Konon ratusan tahun yang lalu, air tersebut diberikan oleh wali songo kepada mereka yang dipilih untuk menyiarkan agama Islam di daerah Tegal. Namun karena air yang diberikan itu jumlahnya terbatas, maka pada malam jum’at kliwon seorang Sunan menancapkan tongkatnya ke atas tanah dan terpancarlah air dengan begitu derasnya tanpa henti. Sehingga warga sekitar memiliki kepercayaan untuk mandi di pemandian ini saat mala jum’at kliwon untuk mendapatkan berkah.

Wisata Guci Tegal menawarkan pesona keindahan alam khas daerah pegunungan. Hal tersebut akan anda dapatkan bahkan ketika masih dalam perjalanan menuju ke sana. Hamparan kebun buah strawberry, tomat, wortel, cabai, serta hutan pinus akan memanjakan mata kita.

Begitu tiba di Guci Tegal, hawa sejuk dan segar segera akan terasa.  Di sana kita bisa memanjakan diri dengan mandi di pemandian air panas. Ada dua pemandian umum, yaitu Pancuran 13  dan Pancuran 7. Air yang mengalir keluar dari pancuran-pancuran tersebut dipercaya berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit semisal rematik dan penyakit-penyakit kulit.  Banyak pula yang percaya, air panas dari Pancuran 13 dapat memberi tuah dan kesehatan bagi siapa saja yang mandi di bawahnya.

Wisata Air Panas Guci tidak hanya menawarkan pemandian air panas tapi banyak fasilitas yang ditawarkan juga seperti  Out bound, wana wisata, pendakian bukit perkasa, kuda wisata, kios souvenir, serta agrowisata yang terdiri dari perkebunan strawberry, wortel dan kubis. Untuk fasilitas umum juga sudah banyak dibangun di obyek wisata Guci ini misalnya hotel, pondok wisata dengan harga bersahabat dan juga  musholla, toilet, parkir dll

Share:

1 comments:

Theme Support